12 Cara Tepat Membersihkan Kulkas Agar Terbebas dari Bau dan Noda

cara memebersihkan kulkas yang benar

12 cara jitu membersihkan kulkas secara tuntas,  hilangkan noda dan bau tak sedap

Barco.id – Kulkas merupakan salah satu benda paling penting di dapur untuk menjaga stock makanan tetap awet dan segar. Namun, kulkas bisa menjadi rumah untuk bakteri yang terbawa dari makanan mentah, sayur, atau pun buah-buahan.

Gak hanya itu, kulkas yang tidak terawat lama-lama akan menimbulkan bau tak sedap dan bisa membuat makanan atau minuman di dalamnya jadi tak segar. Duh, pasti gak mau kan?

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

Sudah sewajarnya kita harus merawat dan membersihkan kulkas secara rutin. Tak hanya enak dipandang, kulkas yang bersih tentunya akan bekerja lebih maksimal.

Tapi, sayangnya masih banyak yang enggan membersihkan kulkas dengan cara yang benar nih. Nah, supaya kulkasmu tetap awet terawat dan makananmu senantiasa segar, yuk simak tips membersihkan kulkas berikut!

1. Siapkan peralatan pembersih

cara kesatu membersihkan kulkas yang tepat

Tips membersihkan kulkas yang pertama pastinya menyiapkan peralatan dan bahannya terlebih dahulu.

Kamu bisa membuat larutan pembersih dari campuran air panas dan sabun pencuci piring yang dimasukkan dalam semprotan. Kalau ingin lebih alami, kamu juga bisa menggunakan campuran cuka dan air.

Selain itu, siapkan lap atau sponge untuk mebersihkan, lap kering, sarung tangan karet jika punya, serta sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian kulkas yang kecil-kecil.

2. Cabut stop kontak

tips kedua membersihkan kulkas

Nah, sebelum mulai membersihkan kulkas, pastikan stop kontak pada kulkas sudah tercabut ya!

Tak hanya untuk hemat energi, hal ini juga menghindari risiko tersetrum selama kamu membersihkan kulkas bagian dalam. Safety first!

3. Keluarkan semua isi kulkas

tips ketiga membuat kulkas menjadi bersih

Jika kamu ingin membersihkan kulkas secara menyeluruh dan maksimal tentunya keluarkanlah dulu semua isinya. Mulai dari makanan, minuman, buah, sayuran, hingga bumbu-bumbu.

Saat mengeluarkan isi kulkas, perhatikan pula makanan/mimuman mana yang sudah kadaluarsa atau pun tidak segar sehingga bisa langsung membuangnya.

4. Lepas laci dan rak lalu bersihkan

tips keempat merawat kulkas

Laci dan rak dalam kulkas seringkali terkena berbagai bahan makanan/minuman yang tumpah. Jika dibiarkan, nodanya tentu saja akan melekat dan menciptakan bau yang tak sedap dalam kulkas.

Lepaskanlah laci dan rak di dalam kulkas untuk membersihkannya. Hal ini juga akan membuatmu lebih leluasa membersihkan dalam kulkas nantinya.

Jika tidak muat dicuci di wastafel, kamu bisa membersihkan laci dan rak kulkas di kamar mandi. Sebaiknya, bersihkan rak dan laci dengan sabun cuci piring dan air hangat.

Jangan lupa gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan area-area yang sulit dijangkau. Pastikan segala celah-celah bersih dari kotoran, lalu bilas dengan air dan lap hingga kering kembali.

5. Bersihkan bagian dalam kulkas

tips merawat lemari pendingin agar selalu bersih

Bersihkan kulkas bagian dalam menggunakan kain lap yang dibasahi campuran cuka atau pembersih. Mulailah membersihkan kulkas dari atas ke bawah.

Jangan lupa bersihkan di bagain dekat pintu dan sela-sela yang biasanya banyak kotoran. Untuk noda yang menempel, gosoklah dengan bersih menggunakan sikat gigi bekas.

6. Bilas bagian dalam kulkas

cara bersihkan kulkas dari noda membandel

Jika sudah bersih semua, bilas bagian dalam kulkas menggunakan kain basah yang belum kotor. Setelah itu, lap bagian dalam kulkas menggunakan lap kering.

Pastikan tidak ada sisa-sisa pembersih atu pun noda yang tertinggal ya! Agar kuman tak betah tinggal di tempat yang lembab.

7. Bersihkan bagian luar kulkas

tips merawat kulkas dan membersihkannya

Tidak hanya interior, bagian luar alias body kulkas juga harus dibersihkan, lho!. Kamu bisa membersihkan kulkas bagian luar dengan lap yang dibasahi larutan pembersih yang sama.

Setelah bersih, keringkanlah bagian luar kulkas menggunakan lap kering. Dengan begini, kulkasmu akan bersih luar dalam!

8. Bersihkan botol dan wadah penyimpan makanan

cara bersihkan lemari pendingin dari noda membandel

Bersihkanlah botol, wadah, toples atau tempat makan sebelum kembali menyusunnya ke dalam kulkas. Pasti ada sisa-sisa makanan atau minuman yang tak sengaja tumpah bukan?

Kamu bisa gunakan lap basah untuk membersihkan kotoran yang melengket di wadah atau pun botol. Lalu keringkan kembali dengan lap kering.

9. Susun kembali isi kulkas

cara bersihkan kulkas yang benar

Setelah kulkas benar-benar bersih dan kering, susunlah kembali rak dan laci ke dalamnya. Lalu masukkanlah kembali segala makanan dan minuman dengan rapi.

Pastikan kamu menatanya dengan hati-hati agar tidak ada yang tumpah atau terjatuh. Letakkanlah makanan dan minuman sesuai jenisnya ya!

10. Colok kembali stop kontak

colok kembali stop kontak setelah membersihkan kulkas

Setelah membersihkan kulkas, jangan lupa untuk mencolokkan kembali stop kontak agar kulkas berfungsi seperti sedia kala.

Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas

Sudah selesai membersihkan kulkas? Sekarang kamu bisa mengikuti tips berikut agar kulkasmu lebih wangi dan terhindar dari bau tak sedap. Caranya mudah dan alami kok!

1. Bubuk Kopi

usir bau pada kulkas dengan bubuk kopi

Kemampuan bubuk kopi untuk menghilangkan bau tak sedap sudah amat populer. Bubuk kopi pun bisa menjadi solusimu untuk membuat kulkas jadi gak bau lagi.

Kamu bisa meletakkan bubuk kopi di wadah dalam kulkas. Gantilah bubuk kopi dua minggu sekali untuk membuang partikel bau yang terperangkap sehingga hasilnya lebih maksimal.

Dengan begini, kulkasmu akan jauh dari bau tak sedap dan wangi!

2. Air Lemon

cara menghilangkan bau pada kulkas dengan air lemon

Lemon dikenal sebagai buah yang memiliki aroma sangat segar. Perasan air lemon pun seringkali digunakan untuk berbagai pengharum, mulai dari parfum, sabun, dan lainnya.

Air perasan lemon juga bisa banget digunakan untuk mengurai bau dalam kulkas. Cukup letakkan air perasan lemon di wadah terbuka sehingga aroma segarnya akan memenuhi seisi kulkas. Mudah bukan?

Nah, itu dia 12 tips membersihkan kulkas dengan benar agar terhindar dari bau dan noda. Yuk rawat kulkasmu agar senantiasa bersih, awet, dan sehat!

(Source : Rukita.co)

Bagikan Ke :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *