4 Jenis Bahan Makanan Rendah Kolestrol Yang Patut Dicoba

bahan makanan rendah kolestrol, jenis makanan yang memiliki kolestrol rendah

berikut ini daftar bahan makanan rendah kolestrol

Barco.id – Makanan yang lezat belum tentu sehat. Begitu juga sebaliknya, bahan makanan yang sehat belum tentu lezat. Ini sering kali menjadi masalah karena biasanya makanan yang lezat mengandung lemak yang tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi secara berlebihan bisa memicu kegemukan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi sendiri bisa meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung.

Nah, 4 bahan makanan ini bisa menjadi solusi bagi kamu agar tetap bisa menciptakan menu yang lezat dan juga sehat. karena 4 bahan makanan ini rendah kolestrol 

DAFTAR BAHAN MAKANAN RENDAH KOLESTROL

Apa saja sih  bahan makanan rendah kolesterol itu? Apa yang menjadikan mereka dilabeli rendah kolesterol? yuk simak penjelasanya

1. Serealia

Sudah sekian dekade ini Indonesia mengenal oat atau mengutip istilah asing yang sudah kita lama serap yaitu haver. Selain oat ada juga barley yang kini semakin dikenal. Biasanya serealia ini kita nikmati setelah diseduh terlebih dahulu ataupun disajikan bersama susu dingin. Satu porsinya setiap pagi akan memberikan asupan 1 hingga 2 gram serat pada tubuh. Agar semakin lengkap kadar seratnya, tambahkan juga pisang ataupun stroberi. Kita direkomendasikan untuk mengonsumsi serat larut dari jenis-jenis serealia seperti ini sekitar 5-10 gram setiap hari. Jumlah total yang baik untuk tubuh setiap harinya ada di angka 20-35 gram dan ini bisa didapat dari mana saja.

Dari 45 studi yang dikaitkan dengan konsumsi serealia ini, resiko serangan jantung dan stroke bisa turun hingga 20%. Keduanya disebut sebagai whole grain. Mengapa? Karena seluruh bagian bijinya utuh dan terdapat komponen vitamin, mineral, dan serat yang terjaga. Selain itu, keduanya kaya akan beta-glucan dan membantu menurunkan kolesterol jahat alias LDL.

2. Buah dan beri

Khusus buah apel, anggur, stroberi, dan citrus atau jeruk, kesemuanya ini kaya akan unsur pectin – satu lagi jenis serat larut yang membantu menurunkan kolesterol LDL. Apa yang dilakukannya dalam tubuh adalah menghentikan fungsi hati yang memproduksi kolesterol dan justru mendorong tubuh agar menyingkirkannya.

3. Ikan berlemak

Ikan salmon dan mackerel secara khusus disebutkan memiliki kadar lemak omega-3 yang tinggi. Fungsinya adalah sebagai pemain di balik layar agar jantung lebih sehat, yaitu dengan mendorong naiknya kolesterol baik (HDL) serta menurunkan resiko inflamasi dan stroke. Meskipun demikian, cara mengolah ikan juga menjadi salah satu faktor. Karena ada banyak studi menyebutkan bila ikan dimasak dengan cara kukus atau rebus, maka tentunya lebih sehat daripada digoreng.

4. Kacang-kacangan

Sejumlah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang jenis almond, walnut, peanut, kacang hijau, dan lainnya ternyata baik untuk jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang per hari dapat sedikit menurunkan kolesterol LDL dan ada nutrisi lainnya juga yang menjaga kesehatan jantung. Di antaranya seperti lemak omega-3 pada walnut. Begitupun pada almond dengan komponen L-arginine alias sejenis asam amino yang mendorong tubuh memproduksi nitric oksida. Yang satu ini dapat membantu meregulasi tekanan darah.

Nah, dari empat jenis bahan makanan rendah kolesterol ini kamu bisa memulai hidup sehat dengan cara mudah dan tidak terlampau mahal. Selain itu keempat jenis bahan makann ini memiliki rasa yang cuklezat terebih lagi saat sudah diolah. 

Bagikan Ke :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *