5 Jenis Teknik Memanggang Yang Wajib Kamu Tahu

macam - macam teknik memanggang, jenis teknik memanggang

Barco.id – Ada banyak sekali jenis teknik maupun cara yang digunakan dalam memasak makanan begitu juga dengan memanggang.

Dalam memanggang suatu makanan, setidaknya ada 5 jenis teknik memanggang yang perlu kamu kenali agar kamu dapat memilih teknik memanggang manakah yang tepat, dengan demikian makanan yang akan kamu hasilkan memiliki kematangan yang sempurna serta memiliki rasa yang lezat. 

Variasi nama yang terdapat dalam teknik memanggang ini berdasarkan pada keunikan pengolahan serta alat yang menjadi media dalam memanggang makanan tersebut. Oleh karena itu kamu perlu memahami semuanya ya.

Apa Saja Sih Jenis Teknik Dalam Memanggang?

1. Baking

Ketika mendengar kata baking, mungkin ini cukup familier dalam dunia kuliner. Dalam sejarah memasak, teknik memanggang dengan baking disebut yang paling tua. Baking adalah teknik memasak dengan memanfaatkan panas untuk membuat makanan matang sempurna. 

Biasanya, teknik memanggang dengan baking digunakan untuk membuat kue atau roti. Alat yang digunakan sejenis oven yang memiliki kemampuan menyebarkan suhu panas untuk memanggang.

2. Grilling

Grilling adalah teknik memanggang yang biasanya digunakan untuk  menu bakar-bakaran.Teknik memanggang ini memanfaatkan bara api agar makanan matang secara merata. Makanan yang dipanggang dengan teknik grilling memiliki rasa yang lebih lezat dan bercitarasa kuat. 

Bara api yang dipanaskan menyerap sempurna ke dalam masakan. Kamu juga bisa menggunakan briket keramik untuk memanggang dengan teknik grilling. Masakan yang cocok untuk teknik memanggang ini adalah barbeque dan berbagai jenis sate. 

3. Toasted

Toasted adalah teknik memanggang dengan suhu rendah. Biasanya, toasted lebih sering digunakan untuk membuat sarapan. Roti yang dipanggang dengan teknik toasted akan terlihat kecokelatan. Kamu perlu memasang api sedang untuk memanggang dengan cara ini. 

Jika kamu tidak memiliki toaster, kamu bisa menggunakan oven atau wajan untuk memanggang. Saat makananmu sudah menunjukkan warna kecokelatan, segera angkat agar mendapatkan toast yang sempurna. 

4. Broiling

Broiling adalah teknik memanggang dengan memberikan radiasi panas secara langsung pada makanan. Teknik memanggang ini berbeda dengan baking dan suhu yang dibutuhkan lebih tinggi dari pada roasting

Bahan makanan yang cocok dipanggang dengan teknik broiling adalah ikan, unggas dan daging. Suhu yang digunakan untuk broiling sangat tinggi, sehingga kamu bisa menggunakan alat khusus seperti salamander. 

5. Roasted

Roasted adalah teknik memanggang menggunakan aluminium foil untuk memanaskan masakan. Aluminium foil membuat suhu dalam makanan panas sempurna sehingga bumbu mudah meresap. Teknik roasted membutuhkan suhu setidaknya 150 derajat Celcius.

Kamu bisa menggunakan oven atau memanggangnya secara langsung di atas bara api. Memanggang dengan cara ini memberi rasa lebih kuat dengan karamelisasi. Daging, ikan atau unggas yang memiliki ukuran lebih tebal cocok dipanggang dengan teknik roasted ini. 

Nah, itulah berbagai jenis teknik memanggang yang ternyata mempunyai istilah yang berbeda. Mulai sekarang, kamu bisa memilih teknik memanggang sesuai kebutuhan kamu saat memasak. 

Bagikan Ke : 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *