5 Tips Menggoreng Makanan Agar Rendah Kolesterol

tips menggoreng makanan agar rendah kolesterol

Tips menggoreng makanan agar rendah kolesterol

Barco.id – Menggoreng makanan merupakan salah satu proses memasak yang sebenarnya tidak begitu dianjurkan oleh banyak ahli kesehatan. Bukan hanya kalorinya saja yang bertambah banyak, namun juga meningkatkan kadar kolesterol.

Makanan yang digoreng memang cenderung memiliki rasa yang lebih lezat serta menggugah selera, sehingga sulit sekali untuk melepaskan godaan dari makan makanan yang digoreng. Tapi bagaimana jika kolesterol naik? Nah, untuk menurunkan kadar kolesterol pada makanan yang digoreng, ini cara-cara sederhana yang bisa kmau lakukan

6 Tips Menggoreng Makanan Agar Rendah Kolesterol

Melansir situs fimela, berikut ini 6 tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi jumlah lemak yang ada pada makanan yang digoreng. 

1. Goreng dengan minyak bersih

Saat akan menggoreng, gunakan minyak baru yang bersih karena minyak masih terjaga kualitas dan kandunganya. Selain itu, kadar kolesterolnya tidak terlalu banyak dibanding minyak yang sudah dipakai berulang kali.

2. Goreng dengan minyak panas

Jangan menggoreng pada minyak yang belum panas karena makanan cenderung menyerap lebih banyak minyak. Goreng pada saat minyak sudah benar-benar panas, dengan begitu gorengan akan segera matang dan kering. Tapi jangan menggunakan api terlalu besar.

3. Serap dengan kertas atau tisu

Setelah ditiriskan dari minyak panas, segera taruh di piring yang sudah dilapisi kitchen paper atau tisu sehingga bisa menyerap minyak yang tersisa. Dengan begini, tidak terlalu banyak minyak yang masuk ke tubuh.

4. Jangan memanaskan makanan yang sudah digoreng

Setelah menggoreng makanan sebaiknya tidak digoreng lagi, bukan hanya mengurangi nutrisinya tapi juga menambah kadar kolesterol karena minyak menyerap lebih banyak.

5. Jangan gunakan mentega atau margarin

Dilansir dari WebMD, sebaiknya jangan memasak dengan mentega atau margarin untuk mengurangi potensi lemak trans dan jenuh yang memicu kolesterol.

6. Pilih alternatif minyak goreng yang aman dan sehat untuk menggoreng

Sebelum menggoreng makanan, pastikan terlebih dahulu minyak goreng yang akan digunakan adalah minyak goreng yang aman untuk menggoreng, sehingga saat digunakan untuk mengoreng kandungan lemaknya tidak akan mudah rusak dan berubah menjadi lemak trans. Salah satu alternatif minyak goreng yang bisa kamu pilih adalah minyak goreng kelapa. Karena minyak goreng kelapa menduduki urutan pertama sebagai  minyak goreng yang aman untuk menggoreng sebagaimana dijelaskan oleh dr. Samuel Oetoro pada acara ayo hidup sehat di channel TV ONE. 

Jika kamu tertarik untuk menggunakan minyak goreng kelapa sebagai alternatif utama menggoreng maka kamu bisa memilih minyak goreng kelapa barco sebagai pilihanya, karena minyak goreng kelapa barco dipilih dari buah kelapaberkualitas dan melalui 6 kali proses penyaringan. sehingga dihasilkan minyak goreng kelapa dengan kualitas yang baik.  

Itu dia  beberapa tips menggoreng agar makanan yang dihasilkan rendah kolesterol. 6 tips tersebut bisa dijadikan acuan untuk menggoreng yang lebih baik dibanding menggoreng apa adanya. Meski makanan yang digoreng memang memiliki rasa yang kebih lezat namun  sebaiknya dikurangi ya.

Bagikan Ke :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *