9 Tips Membuat Aneka Gorengan Lebih Sehat dan Lezat.

Tips membuat aneka gorengan lebih sehat dan lezat, gorengan sehat, minyak goreng sehat.

Makanan yang digoreng memang selalu menggiurkan dan menggugah selera karena sensasi kriuuk dan rasanya yang gurih dan lezat membuat siapapun menggemari makanan satu ini. Makanan yang digoreng juga selalu ada dalam daftar makanan harian kita. Dibalik kelezatan dan kerenyahanya gorengan atau makanan yang digoreng menuai kontroversi karena gorengan masuk dalam menu makanan yang dianggap tak sehat untuk dikonsumsi.

Pandangan buruk mengenai gorengan bukan tanpa sebab, hal ini disebabkan karena makanan yang digoreng menghasilkan lemak dan kalori yang cukup banyak untuk tubuh kita. Tapi bukan berarti gorengan selalu tidak baik untuk tubuh. Karena jika kita memilih bahan – bahan yang baik dan juga menggoreng dengan cara yang tepat. Kita tidak perlu takut makanan atau gorengan yang akan kita konsumsi ini tidak sehat.

9 Tips ini bisa membantu kita untuk membuat gorengan lebih sehat, Simak yuk.

Pilih Bahan yang Segar dan Berkualitas

Memilih bahan makanan yang segar merupakan kunci utama untuk membuat makanan yang lebih sehat. Karena kandungan nutrisi yang ada pada bahan belum rusak. Selain itu kita juga bisa memilih bahan dasar membuat gorengan dengan kandungan nutrisi yang lebih baik, misalnya sayur atau buah-buahan. Pisang goreng, bakwan sayur, atau brokoli goreng cocok untuk dijadikan ide menu gorengan yang bisa disajikan untuk jadi camilan sehat.

Kemudian Pastikan sebelum diolah, kamu mencuci bersih terlebih dahulu bahan makanan agar bakteri yang menempel dapat hilang.

Pilih Minyak Goreng yang Tepat

Pilih minyak goreng yang mengandung titik didih tinggi seperti minyak kelapa sehingga aman digunakan untuk menggoreng karena minyak akan lebih stabil ketika dipanaskan dengan suhu tinggi sehingga kandungan minyak tidak akan rusak. Ini juga akan membuat aneka gorengan milik menjadi lebih sehat.

Salah satu minyak goreng kelapa terbaik yang bisa kita gunakan adalah minyak goreng kelapa s Barco yang sudah melalui 6 kali penyaringan sehingga minyak lebih jernih. Karena memiliki tekstur yang padat saat diletakkan di suhu dingin membuat minyak goreng kelapa barco hanya sedikit yang menempel pada makanan. Baiknya lagi, tekstur gorengan menjadi lebih renyah. Rasakan sensasi kriuuknya menggoreng dengan minyak kelapa barco.

Hindari Penggunaan Minyak Jelantah

Minyak goreng memang bisa digunakan beberapa kali, namun sebaiknya berhenti menggunakan minyak goreng jika warna dan aromanya sudah berubah. Ini karena minyak goreng yang telah menurun kualitasnya akan membentuk senyawa dan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Minyak yang telah digunakan berulang kali juga memiliki kandungan akrilamida yang dalam jangka waktu panjang bisa memicu kanker.

Tips menggoreng lebih hemat kita bisa gunakan minyak goreng Barco sebagai solusi terbaiknya, karena minyak goreng Barco dapat digunakan sampaii 6 kali penggorengan.

Gunakan Alat yang Tepat.

Kalau hasil gorengan matang di luar dan masih mentah di bagian dalam, bisa jadi karena kita menggunakan alat yang salah. Untuk Solusinya kita bisa gunakan alat deep fryer agar gorengan teredam sempurna. Jika tidak ada deep fryer, kita bisa gunakan panci atau wajan dengan permukaan yang datar dan tinggi (dalam).

Gunakan Tepung yang Tepat

Tepung terigu serbaguna sering dijadikan pilihan untuk membuat adonan gorengan. Padahal kandungan gluten dalam tepung terigu bisa membuat gorengan menyerap lebih banyak minyak sehingga gorengan yang kamu buat akan mengandung lebih banyak lemak. Karena itu, untuk membuat gorengan sehat mulai ganti tepung terigu dengan tepung bebas gluten seperti tepung jagung atau tepung beras.

Tambahkan Baking Soda dalam Adonan Tepung

Untuk menciptakan sajian aneka gorengan yang lebih sehat, tips lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menambahkan baking soda ke dalam adonan tepung. Baking soda akan membuat gorengan menjadi lebih garing dan renyah. Selain itu, penambahan baking soda juga akan membuat gorengan menyerap lebih sedikit minyak sehingga terhindar dari lemak.

Perhatikan Suhu Minyak Saat Menggoreng

Selain menggunakan minyak yang banyak, kita juga harus memperhatikan suhu minyak pada saat menggoreng. Menggoreng dengan suhu yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada kandungan minyak selain itu akan merusak kandungan nutrisi pada gorengan. Kecuali jika kita menggunakan minyak goreng yang aman pada suhu tinggi yaitu minyak kelapa Barco karena minyak ini lebih stabil ketika dipanaskan.

Untuk memulai menggoreng pastikan minyak sudah panas, karena ini akan mengurangi penyerapan lemak pada gorengan. Untuk mengeceknya kita bisa menggunakan spatula yang dicelupkan pada minyak, jika sudah keluar gelembung – gelembung kecil artinya minyak telah panas dan telah siap untuk menggoreng.

Amati Makanan yang Sedang Digoreng

Ketika menggoreng kita juga perlu memperhatikan warna pada gorengan. Jika warna pada permukaan gorengan sudah mulai berubah menjadi kuning keemasan. Artinya gorengan akan segera matang. Dan ketika sudah berubah menjadi kecoklatan artinya gorengan sudah  matang. Yang perlu kita ingat gunakan perapian yang benar agar gorengan tidak menjadi gosong.

Selain itu jangan terlalu banyak memasukkan bahan gorengan, meskipun terlihat banyak ruang untuk menggoreng. Mencelupkan bahan banyak sekaligus akan menurunkan suhu pada minyak sehingga lebih lama matang dan makanan akan menyerap lebih banyak minyak.

Tiriskan Minyak Sebelum Disajikan

Tiriskan minyak terlebih dahulu dengan saringan atau menggunakan tisu dapur agar bisa menyerap kelebihan minyak.  

Setelah itu, lansung sajikan gorengan dan santap selagi hangat.

Yuk hadirkan Gorengan yang lebih sehat dengan tips diatas. jangan lupa pula untuk menggunakan minyak yang baik untuk menggoreng. Dengan mengikuti 9 tips diatas, makan gorengan jadi tak perlu lagi khawatir berat badan naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *