Diet Tanpa Perlu Ke Gym, Cukup Lakukan 4 Olahraga Ringan Ini Di Rumah

olahraga ringan, olahraga di rumah, jenis olahraga untuk ibu rumah tangga

Inilah 4 jenis olahraga ringan yang sangat efektif untuk membakar lemak dan bisa dilakukan di rumah…

Olahraga merupakan salah satu kegiatan wajib bagi kamu yang ingin menerapkan pola hidup sehat. Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjadikan tubuh lebih  sehat, namun juga membuat tubuh menajdi lebih bugar sehingga saatmenjalankan aktivitas sehari-hari  tidak mudah lelah.

Hanya saja sebagian besar orang mulai meninggalkan kegiatan ini. Karena tidak mempunyai waktu yang cukup untuk pergi ke gym atau fitness.

Olahraga juga tetap bisa kamu lakukan loh tanpa perlu pergi ke tempat gym. Ada berbagai macam jenis olahraga ringan yang bisa  dilakukan di rumah agar membuat tubuhmu menjadi lebih sehat 

4 Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

4 jenis gerakan olahraga ini bisa kamu lakukan di rumah karena gerakanya yang sangat sederhana, namun sangat efektif bagi kamu yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar. Atau bagi kamu yang sedang dalam program diet dan ingin mencapau berat badan yang ideal.

Push Up

Olahraga satu ini sudah tidak asing lagi di dengar oleh masyarakat. Selain mudah dilakukan juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti menguatkan otot bisep maupun otot trisep.

Olahraga satu ini bisa kamu  lakukan di manapun tanpa menggunakan bantuan alat.

Dalam melakukan olahraga ini kamu cukup memulainya dengan posisi tengkurap dengan tangan berada di sisi kanan dan kiri badan. Setelah itu badan akan di dorong ke atas dengan menggunakan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan harus tetap lurus atau dalam keadaan tegap. Kemudian badan harus di turunkan dengan selalu tetap menjaga kondisi badan di sertai posisi kaki yang tetap lurus dengan catatan badan turun tanpa menyentuh matras atau lantai kemudian badan naik lagi begitu seterusnya  langkah ini dilkukan secara berulang ulang.

Kegiatan ini bisa kamu kombinasikan dengan olahraga yang lain. Push Up selain di lakukan di lantai kamu bisa juga memanfaatkan matras agar ketika tubuh terasa lelah bisa beristirahat sebentar diatas matras.

Kamu bisa melakukan push up dimanapun seperti di lapangan , di ruangan kecil, di lantai , di tanah atau menggunakan matras. 

Ada berbagai cara dalam melakukan Push Up yang bisa kamu coba, diantaranya :

  • Melakukan push up dengan mengubah jarak pada telapak tangan
  • Melakukan push up dengan mengubah jarak antar kaki
  • Melakukan push up dengan mengubah ketinggian letak kaki: disini kamu bisa memanfaatkan kursi dengan cara satu kaki di tindihkan ke kaki yang lainnya
  • Melakukan push up bisa juga dengan bentuk tangan yang bermacam – macam seperti : mengepal , membuka, menggunakan jari atau menggunakan punggung tangan.
  • Melakukan push up bisa di lakukan di atas matras atau ruangan kecil sehingga tidak membutuhkan begitu banyak ruangan untuk melakukan olahraga ini.

Selain mampu menyehatkan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh, push up juga bisa membentuk tubuh yang lebih ideal. Apabila anda ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal atau tubuh yang bebas dari selulit tidak ada salahnya kamu mencoba push up setiap hari dan rutin.

Lompat Tali

Olahraga lompat tali atau yang biasa disebut skipping ini adalah jenis gerakan yang dilakukan dengan menggunakan sebuah tali. Lompat tali memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya mampu menurunkan berat badan karena olahraga ini dapat membakar lemak dengan sangat cepat. Selain itu juga skipping mampu mengencangkan otot pada tubuh.

Dalam gerakan ini juga bisa meningkatkan tinggi badan pada tubuh (untuk usia tertentu – anak-anak dalam masa pertumbuhan). Karena gerakan ini juga mengatur gerakan kaki dalam kecepatan melompat dengan ketangkasan tangan yang mengayunkan tali, maka gerakan ini dapat membuat tubuh menjadi lentur dan membuat konsentrasi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kamu bisa melakukan lompat tali selama 30 menit agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Wall Sit

Gerakan yang satu ini juga sangat mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh diantaranya untuk melatih kekuatan otot kaki bagian bawah. 

Posisi awal gerakan ini adalah kamu cukup berdiri tegak dengan menempelkan punggung  tepat pada tembok/dinding. Lalu perlahan langkah kaki satu persatu ke depan, tekuk lutut kedua kaki seperti memposisikan tubuh seperti saat anda duduk diatas kursi. Atau dapat juga setelah melangkahkan satu persatu kaki kemudian turunkan perlahan tubuh atas sehingga posisi lutut dan bokong sejajar. Tahan dengan sekuat tenaga dan  akan merasakan sakit pada bagian betis dan paha. Setelah itu tarik perlahan kaki anda satu persatu ke posisi semula (berdiri tegak).

Gerakan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengurangi lemak pada area kaki. 

Jumping Jacks

Bagi sebagian orang istilah jumping jacks merupakan istilah yang cukup asing. Selain push up, dan wall sit, Jumping Jacks juga bisa menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan. Karena  Olahraga ini cukup mudah dilakukan dan tanpa membutuhkan bantuan alat apapun.

Dalam senam kesegaran jasmani biasanya gerakan ini dimasukkan atau diselipkan sebagai salah satu bentuk gerakan yang digunakan.

Hal yang pertama kali dilakukan dengan memposisikan badan dengan berdiri tegak. Kemudian melompat dengan kedua tangan keatas dan di iringi dengan posisi melebar.

Setelah melompat kembali dan gerakan kembali seperti semula. Lakukan gerakan ini secara berulang agar tubuh lebih sehat dan mengeluarkan banyak keringat. Kamu bisa melakukan jumping jacks pada pagi atau sore hari. 

Itulah beberapa jenis  olahraga ringan yang bisa diakukan di rumah. Kamu juga bisa memilih salah satu gerakan diatas dan menjadikan sebagai olahraga rutin yang di lakukan setiap hari . Lakukanlah gerakan yang berbeda untuk setiap harinya agar kamu tidak bosan. Namun sebaiknya melakukan olahraga di luar rumah . Karena selain lebih luas juga bisa mendapatkan asupan oksigen yang jauh lebih banyak. 

Bagikan ke :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *