Ini Dia Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika, Kamu Suka yang Mana?

perbedaan kopi robusta dan arabica

12 perbedaan kopi robusta dan arabika

Barco.id – Bukan hanya nikmat, kopi juga memiliki segudang khasiat, jadi tak heran jika banyak orang yang menyukai minuman pahit satu ini. Bahkan meminumnya secara rutin.  

Apakah kamu salah satu pecinta kopi? pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kopi robusta dan kopi arabika, karena kedua jenis varietas kopi ini memang cukup populer di Indonesia bahkan seluruh dunia. Meski saat diolah memiliki rasa yang hampir mirip, Tapi ternyata kedua kopi tersebut tetap memiliki beberapa perbedaan.

Nah, bagi kalian yang belum mengetahui perbedaan antara kopi Robusta dan Arabika, yuk simak penjelasannya!

Perbedaan Kopi Robusta Dan Arabika

1. Usia Kopi

Salah satu hal yang membedakan kopi robusta dan arabika adalah usia dari kopi itu sendiri. Biji kopi arabika merupakan jenis kopi pertama yang pernah dikonsumsi, sedangkan kopi robusta baru ditemukan kurang lebih 100 tahun setelah arabika.

Sehingga tak heran jika kopi arabika mampu menguasai pangsa pasar hingga 70% di dunia.

2. Bentuk Biji Kopi

Kamu juga dapat membedakan kedua kopi ini dengan melihat  bentuk bijinya. Biji kopi spesies Robusta cenderung lebih kecil dan lebih bundar. Warnanya pun lebih pucat, dan lipatan di bagian tengahnya kurang terlihat jelas.

Sedangkan biji kopi arabika, punya bentuk yang lebih oval, ukurannya lebih besar, dan garis lipatan tengahnya lebih tegas.

3. Kadar kafein

Kalau kamu mencari kopi yang bisa bikin langsung melek, sebaiknya pilih yang berjenis Robusta. Sebab, kadar kafein dalam kopi robusta lebih tinggi ketimbang arabika. Inilah yang membuat cita rasanya jadi lebih pahit.

Biji kopi Robusta mengandung 2,7 persen kafein, sedangkan Arabika hanya memiliki kandungan kafein sebesar 1,5 persen.

4. Kandungan Lemak dan Gula

Selain kafein, kandungan lemak dan gula yang dimiliki kedua jenis biji kopi ini sangat berbeda. Arabika memiliki kandungan lemak dan gula yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Robusta.

Arabika memiliki kandungan lemak hingga 60% serta memiliki kandungan gula lebih banyak 2 kali lipat dibanding Robusta.

Baca : Siapa sangka, menambahkan minyak kelapa pada kopi ternyata sangat baik untuk kesehatan

5. Kadar asam

Pada dasarnya, kopi masuk ke dalam kategori minuman yang asam karena memiliki pH 5-6. Namun, tiap varietas kopi punya tingkat keasaman berbeda.

Biji kopi Robusta punya tingkat pH yang lebih tinggi, sehingga kadar keasamannya pun lebih rendah bila dibandingkan dengan Arabika. Kendati demikian, tingkat keasaman pada Arabika yang lebih tinggi tak membuatnya berbahaya bagi penderita asam lambung.

Sebab, dilansir Camano Island Coffee, sebuah roastery di AS, peningkatan asam lambung justru dipicu oleh kadar kafein tinggi pada kopi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Robusta punya kadar kafein yang lebih tinggi daripada Arabika.

6. Aroma Kopi

perbedaan aroma kopi robusta dan arabica

Perbedaan kopi Arabika dan Robusta lainnya terletak pada aromanya. Biji Arabika memiliki aroma yang cenderung floral. Sedangkan, kopi Robusta mengeluarkan aroma yang lebih earthy dan nutty.

7. Rasa Kopi

perbedaan rasa kopi robusta dan arabika

Hal yang paling mendasar, dan sangat membedakan kedua jenis kopi ini adalah rasanya. Robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi, sehingga Robusta memiliki rasa yang pahit seperti ban yang terbakar dan meninggalkan rasa kacang di akhir.

Sedangkan kopi Arabica  cenderung memiliki rasa yang asam dan lebih manis, bahkan tak sedikit yang memiliki sedikit rasa buah-buahan, cokelat dan kacang.

8. Jenis Penyajian

Karena kopi Arabika memiliki rasa yang kuat dan manis tanpa tambahan gula apapun, kopi ini lebih cocok disajikan sebagai single kopi origin agar penikmat kopi dapat merasakan rasa asli dari kopi Arabika.

Sedangkan kopi Robusta memiliki rasa yang lebih pahit, sehingga lebih cocok untuk dijadikan sebagai bahan campuran esspresso. Jenis penyajian seperti ini cocok untuk orang yang kurang menyukai kopi karena nantinya akan ditambahkan dengan susu dan cream.

9. Ukuran Tanaman

Selain rasa dan bentuk bijinya, kopi Robusta dan kopi Arabica dapat dibedakan melalui ukuran tanamannya. Tanaman kopi Robusta memiliki bentuk serta ukuran daun yang lebih besar.

Tanaman kopi Robusta 2 kali lebih tinggi dari tanaman kopi Arabica, sehingga tinggi tanaman kopi Robusta mampu mencapa 5 meter. Sedangkan tanaman kopi Robusta hanya setinggi 2,5 – 5 meter saja.

10. Daerah Tempat Tanam

Kopi Arabika hanya dapat tumbuh di lingkungan yang lembab, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Kopi Arabika akan tumbuh subur jika ditanam pada dataran yang lebih tinggi sekitar 700 hingga 1.700 mdpl.

Negara-negara yang memproduksi jenis kopi Arabika adalah Brasil, Meksiko, Kosta Rika, Ekuador, Kolombia, Etiopia, Burundi, Rwanda dan masih banyak lagi.

Kebalikan dengan Arabika, Robusta dapat ditanam pada ketinggian 400 hingga 700 mpdl saja. Negara-negara yang terkenal memproduksi kopi Robusta adalah, Vietnam, Brazil, Indonesia, India, Uganda, Malaysia, Madagaskar dan lainnya.

11. Kemudahan Budidaya

Jika dibandingkan, jenis kopi Robusta lebih mudah dibudidayakan ketimbang jenis kopi Arabika. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kopi Arabika hanya dapat tumbuh di lingkungan lembap dan tidak mampu bertahan pada perubahan cuaca yang cukup ekstrem.

Lain halnya dengan kopi Robusta yang mampu bertahan pada cuaca yang panas sekali pun. Kopi Robusta juga lebih mudah dikembangkan, karena lebih kebal dari hama dan penyakit berkat kandungan asam klorogenik yang lebih tinggi.

12. Harga Kopi

Karena sulit dibudidayakan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa dipanen, biji kopi Arabika dihargai lebih mahal ketimbang kopi Robusta.

Kalau dibandingkan, harga kopi Arabika bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat lebih tinggi daripada Robusta. Sebagian besar kopi Arabika juga merupakan specialty coffee yang berkualitas tinggi.

Nah, itu lah perbedaan antara jenis kopi robusta dan arabika. Sobat Barco suka yang mana nih? 

Bagikan ke : 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on linkedin
Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *