Jangan Panik, Cegah Penularan Virus Corona Dengan Meningkatkan Imunitas Tubuh

cara mencegah penularan virus corona, cara meningkatkan sistem imunitas tubuh

5 cara meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah penularan virus corona

Barco.id– Ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), semakin menegaskan pentingnya setiap negara untuk menemukan dan menjalankan strategi demi menekan angka persebaran virus corona. Selain social distancing, cara lainya yang diimbau oleh Pemerintah Indonesia adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Immune Deficiency Foundation, Sars-Cov2 atau Coronaviruses merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan serta mudah ditularkan melalui kontak perorangan. Selain itu, orang dengan imunitas rendah juga berisiko tinggi terinfeksi virus corona.

Oleh karena itu, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kebersihan diri merupakan hal yang paling mudah dilakukan untuk mencegah penularan virus corona. 

5 Cara Meningkatkan imunitas tubuh untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Berikut kami rangkum dari berbagai sumber mengenai 5 cara paling efektif untuk meningkatkan sistem imunitas agar terhindar dari serangan virus corona yang mematikan.-

Diet Sehat

Menerapkan pola makan sehat sangat penting untuk membentuk sistem imun tubuh yang kuat. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat maka tubuh tidak akan mudah terserang berbagai virus penyakit.

Adapun Makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diantaranya

Sayuran hijau (paprika, brokoli, dan bayam), produk susu, buah kiwi, lemon dan jeruk, serta kacang-kacangan, seperti almond dan jambu mete, yang kaya akan vitamin dan antioksidan.

Ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan setengah matang atau mentah. Diet seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta minum cukup air, sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rutin Berolahraga

Olahraga sangat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh serta membuat tulang sehat dan kuat. Aktivitas fisik dinilai dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran udara. sehingga dapat mengurangi kemungkinan terkena flu atau penyakit lainnya.

Olahraga menyebabkan perubahan antibodi dan sel darah putih (WBC). WBC adalah sel sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit. Antibodi atau sel darah merah ini bersirkulasi lebih cepat, sehingga mereka dapat mendeteksi penyakit lebih awal daripada sebelumnya. Kenaikan singkat suhu tubuh saat olahraga dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Kenaikan suhu ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dengan lebih baik. Kemudian, tidak kalah pentingnya, olahraga memperlambat pelepasan hormon stres.

Rajin Cuci Tangan

Salah satu bagian tubuh yang paling rentan menjadi “sarang” virus adalah telapak tangan. Maka dari itu, disarankan untuk menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut terlalu sering. Sebab, hal itu bisa memindahkan virus dari tangan ke mata, hidung, atau mulut yang kemudian masuk ke dalam tubuh dan membuat sakit.

Rutin mencuci tangan dengan benar bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari virus corona. Pasalnya, kebiasaan ini bisa membantu membunuh kuman dan virus yang mungkin ada di tangan, termasuk virus corona. Biasakan untuk mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan menggunakan air bersih dan sabun atau cairan berbasis alkohol.

Untuk menghindari penularan virus, disarankan juga untuk tidak banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan pastikan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain. Apabila mengalami gejala seperti batuk atau bersin biasakan untuk menutup mulut dan hidung. Setelah itu, buang tisu bekas batuk atau bersin ke tempat sampah. Ingat untuk selalu gunakan masker apabila sakit untuk melindungi orang-orang di sekitar kamu.

Hindari Stress

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Oleh karena itu, kita perlu mengelola stress dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Cukupi istirahat

Kurang tidur juga dapat menjadi penyebab menurunnya imunitas tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

Itulah 5 cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkat imunitas tubuh agar terhindar dari penularan virus corona. 

Bagikan Ke :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *