Kenali 8 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Atasi Masalah Pada Bayi. Bunda Harus Tahu Nih!

manfaat minyak kelapa untuk bayi. minyak kelapa untuk bayi. minyak kelapa untuk perawatan kulit bayi

Minyak kelapa semakin populer di berbagai kalangan karena penggunaanya yang sangat beragam. Bukan hanya sehat untuk menggoreng, minyak kelapa juga banyak dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan.

Bahkan minyak ajaib ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh bayi. Seperti yang kita tahu, bayi memiliki kulit sensitif. Banyak produk yang dijual di pasaran terkadang tidak cocok untuk bayi, dan malah membuat kulit bayi menjadi alergi, gatal-gatal, dan sebagainya. Minyak kelapa bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan bayi.

Lalu apa sajakah manfaat minyak kelapa untuk bayi? Berikut Barco rangkum dari berbagai sumber mengenai 8 manfaat minyak kelapa untuk kesehatan bayi. Yuk simak ulasanya.

Menjaga Kelembapan Kulit Bayi

Bunda, kulit bayi ternyata cenderung lebih sensitif dan mudah kering karena belum mampu menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca dan suhu. Sayangnya, pelembab bayi yang dijual di pasaran terkadang mengandung bahan kimia dan pewangi yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Sebagai alternatifnya, Bunda sehat Barco bisa menggunakan minyak kelapa murni sebagai pelembab kulit bayi karena minyak kelapa membantu meningkatkan hidrasi kulit serta kandungan lipid pada kulit.

Mengatasi Masalah Ruam Popok

Masalah yang kerap ditemui bayi yang menggunakan pampers adalah ruam iritasi bintik-bintik merah di sekitar paha atau yang biasa disebut dengan ruam popok. Minyak kelapa murni dapat menjadi obat alami untuk masalah ini. Bunda cukup mengoleskan minyak kelapa murni pada bagian yang terkena ruam. Khasiat anti bakteri pada minyak kelapa murni akan mengatasi ruam popok dan mencegah ruam popok kambuh kembali.

Menghilangkan Dermatitis Seboroik

Dermatitis Seboroik atauĀ cradle capĀ adalah kerak berwarna kuning pada bayi yang sepintas mirip ketombe. Masalah ini disebabkan oleh jamur dan biasanya terjadi di kulit kepala, lipatan kulit, wajah, leher, dan telinga bayi.

Kandungan Asam Laurat pada minyak kelapa memiliki Khasiat sebagai antijamur. Sehingga penggunaanya pada kulit bayi akan membantu untuk mengatasi masalah dermatitis seboroik ini.

Bunda cukup mengoleskan minyak kelapa pada bagian tubuh bayi yang berkerak. Diamkan selama beberapa saat hingga kerak menjadi lembut. Lalu singkirkan kerak perlahan-lahan dengan sisir atau sikat lembut.

Meredakan Gangguan Hidung Tersumbat

Saat si kecil terkena pilek, Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan gangguan hidung tersumbat pada bayi. Caranya campurkan minyak kelapa murni dengan minyak esensial seperti minyak eukaliptus atau peppermint yang memiliki aroma segar. Lalu oleskan campuran minyak ini pada dada bayi. Masalah hidung tersumbat yang dialami si kecil pun bisa diatasi tanpa bantuan bahan-bahan kimia yang bisa berbahaya bagi bayi.

Mengatasi Eksim Pada Bayi

Eksim yang menyerang bayi dapat mengakibatkan kulitnya menjadi sangat kering dan gatal. Minyak kelapa akan membantu melembabkan kulit si kecil.

Selain itu, kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak kelapa akan membantu mengatasi eksim. Manfaat antimikroba dari minyak kelapa juga membantu menurunkan pertumbuhan kuman.

Cara penggunaanya, Oleskan pada kulit bayi yang gatal dan biarkan beberapa saat niscaya eksim akan membaik.

Mengatasi Masalah Sariawan Yang Menyerang Bayi

Bayi dapat mengalami sariawan sebab sistem kekebalan tubuh bayi yang belum berkembang sempurna. Bila tidak diatasi dengan baik, bayi jadi sulit menyusu. Mengingat asupan makanan bayi berusia di bawah 6 bulan hanya berasal dari ASI, sariawan bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Meskipun bisa diobati dengan obat-obatan antijamur, sariawan juga bisa coba diatasi dengan minyak kelapa murni.

Caranya, oleskan sedikit minyak kelapa pada puting susu ibu sebelum menyusui. Khasiat antijamur dari minyak kelapa murni bisa membantu mengatasi sariawan yang dialami si kecil.

Mengobati Gigitan Serangga Pada Kulit Bayi

Gigitan serangga tentu terasa panas dan gatal terutama bagi bayi. Untuk mengatasinya bisa dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa murni pada bagian tubuh yang digigit serangga, lalu diamkan selama beberapa saat. Minyak kelapa murni memiliki manfaat anti bakteri dan anti radang yang bisa membantu mengatasi masalah gigitan serangga.

Menutrisi Rambut Bayi Agar Lebih Tebal Dan Sehat

Ada bayi yang pada saat lahir memiliki rambut yang tebal dan ada juga beberapa bayi yang pada saat lahir memiliki rambut yang tipis, hal tersebut dapat diatasi dengan minyak kelapa agar rambuh bayi tubuh subuh setelah mencukur habis rambut lahirnya.

Cara penggunaanya, cukup oleskan sedikit saja minyak kelapa murni pada kepala bayi sambil sedikit memijat secara perlahan dan biarkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air hangat secara perlahan serta lakukan hal tersebut secara terartur.

Dengan berbagai manfaat minyak kelapa untuk bayi. Apakah Bunda tertarik menggunakannya untuk perawatan kulit bayi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *