Mengapa Kita Perlu Menerapkan Social Distancing?

social distancing, alasan social distancing

Barco.id– Demi menekan penyebaran virus Sars Cov2 atau yang biasa kita kenal dengan virus corona, Pemerintah menerapkan kebijakan social distancing yang sejatinya adalah physical distancing. Yakni imbauan agar masyarakat sementara menjaga jarak fisik antarsesama. Semua pihak diminta untuk lebih banyak berdiam diri di rumah dan menjauhi kerumunan massa.

Hashtag #dirumahaja dijadikan cara mengkampanyekan upaya pemerintah ini. Kegiatan belajar formal dipindahkan ke rumah dengan memanfaatkan berbagai platform belajar online. Pengkondisian ini memaksa kita untuk menjaga jarak dengan orang lain dan lebih banyak menghabiskan waktu di ruang yang lebih terbatas.

Ini dia Alasannya, Mengapa Kita Perlu Melakukan Social Distancing.

Perlu diketahui, masa inkubasi virus Sars-Cov2 atau virus corona adalah 14 hari. Dan selama itu orang yang membawa virus (carrier) bisa tampak sehat, normal seperti orang sehat pada umumnya.

Supaya orang – orang pembawa virus yang tampak sehat  ini tidak menularkan lebih jauh ke orang lain. Maka, pemerintah mengambil kebijakan “social distancing” agar kita tidak berkumpul di kerumunan, di sekolah, di kampus, di cafe, di mall dan termasuk di masjid, karena ia bisa jadi pusat penularan.

Itulah mengapa sekolah dan kampus diliburkan. Para pekerja dihimbau untuk bekerja dari rumah. Dan pergerakan di luar rumah diminimalisir sekecil mungkin.

Bayangkan jika ada satu orang jamaah saja yang tampak sehat tapi pembawa virus (carrier). Kemudian dia sholat di masjid dan menularkan kepada 10 orang di masjid tersebut. Sepuluh orang yang tertular dia tidak akan tahu dia tertular sampai 2 minggu ke depan (karena perlu 14 hari untuk inkubasi virus).

Kesepuluh orang ini pulang ke rumahnya masing – masing. Kemudian mereka akan menularkanya kepada keluarganya, kepada istri dan anak – anaknya, kepada setiap rekan kerja di kantornya.

Rekan kerjanya di kantor akan membawa pulang virus ini kepada keluarganya, istri dan anak – anaknya. Dan juga kepada setiap orang yang ia temui dari tempat kerja ke rumahnya. Bahkan di setiap tombol lift yang ia pencet, di handle pintu yang ia buka, di gagang KRL yang ia pegang dan sebagainya.

Begitulah efek berantai dari penyebaran virus tadi. Dari 1 orang dapat menyebar ke 10 orang kemudian ke 1000 orang dan seterusnya.

Itulah mengapa setelah tabligh akbar di Malaysia semua orang merasa sehat. Baru 2 minggu kemudian terkuak ratusan dari mereka terinveksi Sars-Cov2 atau virus corona.

Oleh sebab itu kita memang perlu untuk melakukan imbauan social distancing. karena social distancing terbukti memutuskan mata rantai penularan virus dan menekan angka kematian pada wabah-wabah yang pernah terjadi sebelumnya.

Bagikan Ke :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *