Inilah Sumber Lemak atau Minyak yang Baik Digunakan Untuk Mpasi

mengapa lemak penting untuk mpasi, jenis minyak untuk mpasi

Jenis minyak apakah yang menjadi sumber lemak yang baik untuk mpasi? yuk simak selengkapnya

Barco.id – Memasuki usia 6 bulan pada bayi, pemberian MPASI diperlukan untuk menunjang tumbuh kembangnya. Bunda harus mulai mencermati makanan yang akan diberikan kepadanya. Tidak saja selektif dalam memilih bahan dan bumbu makanan, Bunda juga harus memperhatikan keseimbangan kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serta lemak pada MPASI. Hal ini  sangat penting dilakukan agar kebutuhan gizi si kecil terpenuhi. 

Memang tak ada yang meragukan bahwa ASI adalah makanan yang terbaik untuk si kecil berusia sampai 6 bulan. Tetapi bunda, ternyata ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Sehingga harus diberikan MPASI yang komposisinya menyerupai komposisi ASI.

Bunda harus tahu

ASI terdiri dari 50-60% lemak. Sehingga komposisi MPASI juga harus mengandung sekitar 50-60% lemak. Begitu juga dengan otak si kecil, 85% otak si kecil terdiri dari lemak. Pertumbuhan badan dan otak banyak didukung oleh keberadaan lemak dalam asupannya. Karena lemak membantu membangun selubung myelin di sekitar syaraf dalam otak dan sumsum tulang belakang

Mengapa Lemak Penting?

dr. Meta Hanindita SpA, yang merupakan Dokter Anak yang sering membagikan informasi mengenai tumbuh kembang dan kesehatan anak, menjelaskandi akun instagram pribadinya (@metahanindita)  bahwa Air Susu Ibu (ASI) terdiri dari 50-60% lemak. Sehingga komposisi MPASI juga harus mengandung sekitar 50-60% lemak.

“Berbeda dengan orang dewasa yang harus menjaga makanan dari yang berminyak, anak justru butuh lemak dalam makanannya. Kenapa? 85% otak bayi terdiri dari lemak. Jadi jenis makanan boleh sama dengan orang dewasa, tapi komposisinya yang beda, ya,” tulis dr. Meta.

Dokter anak penulis buku Momyclopedia ini merujuk dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa lemak penting sekali untuk asupan harian anak.

“Lemak penting pada makanan bayi dan anak karena lemak memberikan asam lemak esensial, memfasilitasi penyerapan vitamin larut lemak, dan meningkatkan densitas energi makanan, juga kualitas sensorik,” lanjut dr. Meta.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa bayi di bawah dua tahun yang mengkonsumsi lemak rendah atau dibatasi konsumsi lemaknya, mengalami kegagalan pertumbuhan, baik pada tinggi dan/atau berat badan.

Bagaimana kalau lemak ini ditambahkan ke dalam MPASI? Apa yang akan terjadi pada anak? Dikatakan dr. Meta jika lemak ditambahkan pada MPASI,

“Tapi di sisi lain menurunkan densitas protein dan zat besi. Hal ini meningkatkan defisiensi mikronutrien kecuali diberikan fortifikasi. Artinya, pemberian lemak PENTING. Tapi protein hewani juga ga kalah pentingnya,” tukas dr. Meta.

Inilah Beberapa Jenis Lemak / Minyak Tambahan yang Bisa Kita Pakai Untuk MPASI

1. Minyak kanola⁣

Minyak dari bunga kanola ini juga bagus untuk MPASI, karena tinggi omega nya, untuk harga agak sedikit mahal dan sama kaya minyak olive/zaitun⁣.⁣

2. Minyak ekstra virgin olive oil/Evoo⁣

EVOO atau minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal tingkat tinggi, serta asam lemak yang ada di dalam ASI. Kandungan ini sangat membantu untuk pertumbuhan bayi. Olive oil mengandung beberapa vitamin penting, seperti A, B, vitamin C, D, E, dan K. EVOO juga mengandung OMEGA3 yg baik untuk perkembangan otak.

3. Unsalted butter

Bunda butter disini disebut juga dengan mentega. Terdapat 2 jenis mentega yaitu, salted butter (mentega asin) dan juga unsalted butter ( mentega tidak asin).

Pada bayi yang baru memulai MPASI, sebaiknya gunakan unsalted butter karena kebutuhan si kecil akan garam/natrium hanya sedikit. WHO menganjurkan MPASI bisa ditambahkan salted butter selama garam dari sumber lain juga diperhatikan agar tidak berlebihan.

Selain itu, pemberian salted butter sebaiknya  pada saat usia si kecil 8 bulan dimana ginjalnya sudah bisa mentolerir banyak garam. Salted butter seringkali diberikan karena rasanya bisa membangkitkan selera makan si kecil.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa untuk si kecil juga sangat bermanfaat karena memiliki kandungan besar asam lemak rantai menengah seperti ASI.

Minyak kelapa ini juga kaya akan asam larut, yang meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh. Mampaps, minyak kelapa boleh digunakan untuk menggoreng MPASI. Tapi jangan menggunakan minyak yang sudah berulang kali dipakai

Bagikan Ke : 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *