Tips Menjaga Peralatan Dapur Agar Tak Mudah Berkarat

Siapapun pasti ingin peralatan dapurnya tetap terlihat bersih, terawat dan bebas dari karat. Dengan begitu kegiatan memasak pun akan jadi lebih semangat karena mood memasak bisa meningkat. Namun, kita seringkali kecolongan, entah apa penyebabnya, berbagai peralatan memasak di dapur (Terutama yang berbahan besi/logam) jadi mudah berkarat. 

Meskipun kita sudah membersihkannya setelah menggunakan, karat masih saja muncul dan menyebabkan peralatan dapur kita menjadi terlihat sangat kotor. Namun, kita bisa mencegah timbulnya karat pada peralatan dapur dengan melakukan 6 tips mudah ini.

6 tips mudah menjaga peralatan dapur dari karat dan jamur.

Tips mencegah peralatan dapur berkarat. Tips menjaga peralatan dapur dari karat dan jamur. Tips menjaga peralatan dapur agar tak mudah berkarat. Cara merawat peralatan masak.
(Sumber : MrKitchen)

Mencuci bersih peralatan dapur setelah menggunakan

Peralatan memasak dengan bahan logam sangat rentan mengalami karat, oleh karena itu. Pastikan untuk mencucinya dengan bersih setelah menggunakannya. Jangan sampai ada kotoran yang menempel sedikitpun, karena kotoran sisa-sisa masakan yang dibilas kurang bersih dapat memicu timbulnya karat. Gunakan sabun cuci piring yang baik demi mengangkat sisa masakan yang sulit dibersihkan. Contohnya, sisa-sisa minyak yang menempel.

Apabila alat masak yang dicuci berbahan dasar logam, sebaiknya jangan menggosoknya terlalu keras, karena dapat menyebabkan lapisan alat masak tersebut terkikis karena kesalahan pada saat mencuci ini juga dapat memicu karat.

Keringkan setelah mencuci

Setelah mencucinya, kita harus memastikan bahwa alat tersebut dalam keadaan kering. Jika alat masak yang akan kita simpan belum kering, maka dapat memicu timbulnya karat.

Jangan sampai hangus

Bila peralatan masak hangus, kejadian ini cenderung akan mengurangi lapisannya. Usahakan tidak memasak sampai hangus. Namun, bila hal itu terjadi, segera dibersihkan dengan direndam lebih dahulu. Dengan begitu kerak pada wajan atau panci akan mudah dibersihkan.

Gunakan peralatan masak setidaknya sebulan sekali.

Terkadang, saat kita membeli peralatan masak yang baru, Yang lama akan kita tinggalkan dan dibiarkan saja. Tentu, hal ini menyebabkan peralatan tersebutterlantar dan kotor akibat debu dan udara yang lembab, dan akhirnya timbul karatan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan semua alat masak secara berkala, minimal sebulan sekali.

Lapisi peralatan dapur yang tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama dengan minyak

Untuk menjaga permukaan penggorengan atau panci agar tidak berdebu, berkarat dan berjamur, lebih baik oleskan minyak tipis-tipis saja di permukaan logam. Cara ini efektif mencegah karat.

Bungkus peralatan dapur dengan koran atau plastik

Setelah dibersihkan dan dikeringkan, Jika peralatan dapur tidak akan kita gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka lapisi atau bungkus peralatan tersebut dengan kertas koran atau plastik untuk menjaganya tetap kering dan untuk melindunginya dari udara sehingga mengurangi risiko karat.

Lebih pintar dalam memilih peralatan masak

Saat membeli dan memilih peralatan memasak, pilihlah yang bahannya awet walaupun harganya tidak terlalu mahal. Yang bermerek belum tentu kualitasnya bagus, terkadang panci kuno yang ada di pasar tradisional justu lebih awet dibandingkan panci mahal yang bermerek.

Itu dia beberapa tips menjaga peralatan dapur agar tak mudah berkarat. Memasak merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan, maka itu harus didukung dengan peralatan yang memadai. Saat peralatan yang digunakan terbebas dari karat, tentu saja memasak jadi lebih mengasyikan. So? Jangan lupa untuk merawat peralatan memasakmu yah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *